Pada abad ke-16 berkat penemuan seorang ilmuwan, makhluk hidup
yang tidak dapat terlihat menjadi dapat terlihat dengan menggunakan suatu alat.
Alat tersebut ialah mikroskop, yang memungkinkan seseorang dapat
mengamati benda atau makhluk hidup yang tidak mampu dilihat dengan mata
telanjang. Mikroskop yang sering digunakan di sekolah adalah mikroskop monokuler atau
cahaya (latin : mono = satu; oculus =
mata). Mikroskop ini digunakan
dengan satu mata, sehingga bayangan yang terlihat hanya mengenai panjang dan
lebar benda yang diamati. Benda atau obyek yang akan diamati dengan mikroskop
ini, harus memiliki ukuran yang kecil, tipis sehingga dapat ditembus cahaya.
Perhatikan gambar 1.1 berikut ini!
Mikroskop terdiri dari dua bagian,
yaitu:
1 . Bagian mekanik
Pada bagian mekanik terdiri dari:
§ Kaki mikroskop berfungsi untuk menyangga mikroskop.
§ Pilar atau sendi inklinasi sebagai penghubung antara kaki dengan lengan mikroskop.
§ Pengatur kondensor berfungsi untuk menarik
turunkan kondensor.
§ Kondensor berfungsi untuk memfokuskan
cahaya ke benda yang sedang diamati
§ Lengan mikroskop berfungsi sebagai pegangan
mikroskop.
§ Engsel penggerak berfungsi sebagai penghubung
lengan dengan kaki mikroskop
§ Meja preparat berfungsi untuk meletakkan
preparat yang akan diamati.
§ Penjepit preparat atau pemegang sediaan berfungsi untuk menjepit
preparat yang akan diamati agar tidak bergeser.
§ Tabung berfungsi menghubungkan antara lensa objektif dan lensa okuler.
§ Revolver berfungsi untuk menempatkan
lensa objektif.
§ Sekrup pemutar kasar berfungsi untuk menggerakkan
tabung mikroskop secara cepat dari atas ke bawah.
§ Sekrup pemutar halus berfungsi untuk menggerakkan
tabung ke arah atas dan bawah secara lambat. Alat ini dipakai jika objek telah
terfokus dengan memutar pemutar kasar.
2. Bagian optic
Pada bagian optik terdiri dari:
§ Dua buah cermin, yaitu sebuah
cermin datar dan sebuah cermin cekung. Fungsi cermin adalah untuk mencari, mengumpulkan, dan mengarahkan
sinar pada objek yang diamati. Cermin datar untuk sumber cahaya yang cukup
terang dan cermin cekung untuk sumber cahaya yang kurang terang .
§ Diafragma, berfungsi untuk mengatur
banyak sedikitnya sinar yang dipantulkan cermin menuju ke mata.
§ Lensa objektif, berfungsi untuk memperbesar
bayangan objek, terletak pada revolver.
§ Lensa okuler, berfungsi untuk memperbesar
bayangan objek, terletak pada bagian atas tabung.
Bagaimanakah cara menggunakan mikroskop dengan benar? Untuk dapat
menggunakan mikroskop dengan benar perhatikan langkahlangkah sebagai berikut:
§ Menemukan lapang pandang dengan
mengatur penyinaran Untuk menghasilkan lapang pandang adalah dengan mengatur
cermin sambil melihat lensa okuler agar sinar masuk ke diafragma, sehingga
menghasilkan pemantulan yang optimal. Bagian yang terang berbentuk bulat
dinamakan lapang pandang.
§ Mengatur fokus mikroskop atau
bayangan dengan perbesaran lemah Letakkan preparat di atas meja preparat,
dijepit dengan penjepit sambil mengamati mikroskop dari samping tabung
mikroskop diturunkan dengan pemutar kasar, lakukan secara hati-hati hingga
lensa objektif tidak menyentuh preparat. Kemudian lihatlah melalui lensa okuler
dan dengan perlahan-lahan naikkanlah tabung mikroskop sehingga objek terlihat
jelas. Setelah objek tampak, putarlah pemutar halus ke depan atau ke belakang
sehingga mendapatkan bayangan sebaik-baiknya. Perbesaran mikroskop diperoleh
dengan cara mengalikan angka pada lensa objektif dengan angka yang tertera pada
lensa okuler. Misalnya 5x lensa objektif 10x lensa okuler maka perbesarannya
50x.
§ Mengatur fokus mikroskop (bayangan
dengan perbesaran kuat) Untuk memperoleh bayangan, dapat dilakukan dengan
mengubah lensa objektif yang memiliki perbesaran lemah dengan yang lebih kuat.
Misalnya lensa objektif perbesaran 5x dapat diganti dengan 10x atau 40x dengan
memutar revolver sampai terdengar suara terdetak. Pemutar halus diputar ke
depan atau ke belakang agar diperoleh objek yang lebih jelas.
§ Mengatur Mikroskop dengan
posisi disimpan Setelah mikroskop selesai digunakan, aturlah mikroskop dengan
posisi siap disimpan
No comments:
Post a Comment